Pengertian, Fungsi dan Macam-macam Jenis Jaringan Pada Hewan dan Manusia Beserta Contoh dan Ciri-cirinya

Pengertian, Fungsi dan Macam-macam Jenis Jaringan Pada Hewan dan Manusia Beserta Contoh dan Ciri-cirinya - Hallo sobat Blogger Ageceh, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian, Fungsi dan Macam-macam Jenis Jaringan Pada Hewan dan Manusia Beserta Contoh dan Ciri-cirinya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Biologi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. selamat membaca.

Judul: Pengertian, Fungsi dan Macam-macam Jenis Jaringan Pada Hewan dan Manusia Beserta Contoh dan Ciri-cirinya
Link: Pengertian, Fungsi dan Macam-macam Jenis Jaringan Pada Hewan dan Manusia Beserta Contoh dan Ciri-cirinya

Baca juga:


Pengertian, Fungsi dan Macam-macam Jenis Jaringan Pada Hewan dan Manusia Beserta Contoh dan Ciri-cirinya

Fast Download
Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentanhpengertian jaringan, jaringan pada hewan, macam macam jaringan, jenis-jenis jaringan, jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan otot, jaringan saraf, contoh jaringan, fungsi jaringan.

Pengertian dan Macam-macam Jaringan Pada Hewan dan Manusia

Pengertian Jaringan 

Jaringan dalam biologi adalah sekumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Jaringan-jaringan yang berbeda dapat bekerja sama untuk suatu fungsi fisiologi yang sama membentuk organ. (id.wikipedia.org)

Macam-macam (Jenis-jenis) Jaringan Pada Hewan dan Manusia

Di artikel sebelumnya kita telah mempelajari bahwa sel-sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama saling bekerjasama membentuk jaringan. Pada hewan dan manusia terdapat beberapa jaringan yaitu jaringan epitel, ikat, otot, dan saraf.


Jaringan Epitel

Jaringan epitel tersusun dari sel-sel yang rapat dan berdekatan satu dengan yang lain sehingga tidak ada rongga antarsel. Jaringan ini berfungsi melapisi suatu rongga dalam atau permukaan luar, menerima rangsang, atau sebagai kelenjar. Lapisan sel epitel melekat pada suatu membran disebut membran basalis. Bentuk-bentuk sel epitel ada yang pipih, kubus, dan silindris. Sel-sel ini dapat tersusun dalam satu lapis sel atau berlapis-lapis.

Contohnya sel epitel pada dinding usus halus berbentuk silindris yang tersusun selapis.

Jaringan Ikat

Susunan sel-sel jaringan ikat agak renggang dan mengandung banyak pembuluh darah kecuali pada jaringan ikat tulang rawan. Fungsi utama jaringan ikat ialah sebagai pelindung (proteksi), penunjang, dan mengikat berbagai jaringan dan organ. Jaringan ikat juga berfungsi untuk menyimpan lemak serta menghancurkan bakteri dan selsel yang sudah mati.

Contoh jaringan ikat adalah jaringan
darah, jaringan tulang, dan jaringan lemak.

Jaringan Otot

Jaringan otot meliputi 40%–50% berat badan. Otot dapat berkontraksi, kontraksi beberapa otot akan menggerakkan tulang sehingga menghasilkan gerak. Oleh karena itu otot disebut sebagai alat gerak aktif, sedangkan rangka disebut alat gerak pasif. Otot dapat dibedakan menjadi otot rangka, otot polos, dan otot jantung.

Macam-macam ciri Jaringan Otot
Perbedan Jaringan pada manusia


Lihat juga: Macam-macam Organel Sel
Fast Download
Kuota dan Pulsa Gratis Klik Disini!!!


Demikianlah Artikel Pengertian, Fungsi dan Macam-macam Jenis Jaringan Pada Hewan dan Manusia Beserta Contoh dan Ciri-cirinya

Sekian artikel Pengertian, Fungsi dan Macam-macam Jenis Jaringan Pada Hewan dan Manusia Beserta Contoh dan Ciri-cirinya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya terima kasih -Admin Blogger Ageceh.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian, Fungsi dan Macam-macam Jenis Jaringan Pada Hewan dan Manusia Beserta Contoh dan Ciri-cirinya dengan alamat link https://bloggerageceh.blogspot.com/2017/02/pengertian-fungsi-dan-macam-macam-jenis.html

Komentar