Macam-macam Jenis Bunyi serta Pengertian dan Contoh Bunyi Infrasonik, Ultrasonik, dan Audiosonik

Macam-macam Jenis Bunyi serta Pengertian dan Contoh Bunyi Infrasonik, Ultrasonik, dan Audiosonik - Hallo sobat Blogger Ageceh, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Macam-macam Jenis Bunyi serta Pengertian dan Contoh Bunyi Infrasonik, Ultrasonik, dan Audiosonik, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Fisika, Artikel IPA, yang kami tulis ini dapat anda pahami. selamat membaca.

Judul: Macam-macam Jenis Bunyi serta Pengertian dan Contoh Bunyi Infrasonik, Ultrasonik, dan Audiosonik
Link: Macam-macam Jenis Bunyi serta Pengertian dan Contoh Bunyi Infrasonik, Ultrasonik, dan Audiosonik

Baca juga:


Macam-macam Jenis Bunyi serta Pengertian dan Contoh Bunyi Infrasonik, Ultrasonik, dan Audiosonik

Fast Download
Berikut ini adalah pembahasan tentang Infrasonik, Ultrasonik, dan Audiosonik yang meliputi pengetian bunyi Infrasonik, pengertian bunyi Ultrasonik, pengertian bunyi  Audiosonik, contoh bunyi Infrasonik, contoh bunyi Ultrasonik, macam-macam bunyi, jenis jenis bunyi, contoh bunyi Audiosonik.

Macam-macam Jenis Bunyi

Setiap makhluk hidup mempunyai ambang pendengaran yang berbeda-beda. Pendengaran manusia dan hewan tentu akan berbeda. Ada bunyi yang dapat didengar manusia, tetapi tidak oleh hewan dan sebaliknya.
Berdasarkan frekuensinya, bunyi dapat dikelompokkan ke dalam tiga kelompok, yaitu ultrasonik, audiosonik, dan infrasonik. 

1. Bunyi Ultrasonik

Bunyi yang mempunyai frekuensi di atas 20.000 Hz disebut bunyi ultrasonik. 
Bunyi ini hanya dapat didengar oleh lumbalumba dan kelelawar. Kelelawar menggunakan frekuensi ini sebagai navigasi ketika terbang di kegelapan. Kelelawar dapat menemukan jalan atau mangsanya dengan cara mengeluarkan bunyi ultrasonik.

Bunyi ini akan dipantulkan oleh benda-benda di sekelilingnya, kemudian pantulan bunyi ini dapat ditangkap kembali sehingga kelelawar dapat mengetahui jarak dirinya dengan benda-benda di sekitarnya.

Bunyi ultrasonik dapat dimanfaatkan manusia untuk mengukur kedalaman laut, pemeriksaan USG (ultrasonografi).
Cara mengukur kedalaman laut
Gambar: Cara mengukur kedalaman laut

2. Bunyi Audiosonik

Bunyi yang mempunyai frekuensi antara 20 Hz – 20.000 Hz disebut bunyi audiosonik. 
Selang frekuensi bunyi ini dapat didengar manusia. Akan tetapi, kepekaan pendengaran manusia semakin tua semakin menurun, sehingga pada usia lanjut tidak semua bunyi yang berada di rentang frekuensi ini dapat didengar.

3. Bunyi Infrasonik

Bunyi yang mempunyai frekuensi di bawah 20 Hz disebut bunyi infrasonik. 
Bunyi ini dapat didengar oleh binatang-binatang tertentu, seperti anjing, laba-laba, dan jangkrik.

Fast Download
Kuota dan Pulsa Gratis Klik Disini!!!


Demikianlah Artikel Macam-macam Jenis Bunyi serta Pengertian dan Contoh Bunyi Infrasonik, Ultrasonik, dan Audiosonik

Sekian artikel Macam-macam Jenis Bunyi serta Pengertian dan Contoh Bunyi Infrasonik, Ultrasonik, dan Audiosonik kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya terima kasih -Admin Blogger Ageceh.

Anda sekarang membaca artikel Macam-macam Jenis Bunyi serta Pengertian dan Contoh Bunyi Infrasonik, Ultrasonik, dan Audiosonik dengan alamat link https://bloggerageceh.blogspot.com/2016/05/macam-macam-jenis-bunyi-serta.html

Komentar

  1. Kalkulator sains (matematika, fisika, kimia, dsb) dengan step by step terbaik, kunjungi
    Scizeta.com

    BalasHapus

Posting Komentar