Pengertian Ekosistem, Ekologi dan Komponen Penyusun Ekosistem Beserta Contohnya

Pengertian Ekosistem, Ekologi dan Komponen Penyusun Ekosistem Beserta Contohnya - Hallo sobat Blogger Ageceh, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian Ekosistem, Ekologi dan Komponen Penyusun Ekosistem Beserta Contohnya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Biologi, Artikel IPA, yang kami tulis ini dapat anda pahami. selamat membaca.

Judul: Pengertian Ekosistem, Ekologi dan Komponen Penyusun Ekosistem Beserta Contohnya
Link: Pengertian Ekosistem, Ekologi dan Komponen Penyusun Ekosistem Beserta Contohnya

Baca juga:


Pengertian Ekosistem, Ekologi dan Komponen Penyusun Ekosistem Beserta Contohnya

Fast Download
Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang pengertian ekosistem, komponen penyusun ekosistem, pengertian ekologi, komponen biotik, komponen abiotik, apa itu ekosistem, pengertian komponen biotik, pengertian komponen abiotik, contoh komponen biotik, contoh komponen abiotik, contoh ekosistem, faktor abiotik, faktor biotik, apa itu ekologi, dan apa arti ekosistem.


Ekosistem Beserta Contohnya

Makhluk hidup dengan lingkungan merupakan satu kesatuan fungsional yang tidak dapat dipisahkan.

Pengertian Ekosistem

Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. 
Ekosistem tersusun dari komponen biotik (berbagai makhluk hidup) dan komponen abiotik. Ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik komponen biotik dan abiotik dalam ekosistem disebut ekologi.

Dalam suatu ekosistem, hubungan antarkomponen berlangsung sangat erat dan saling memengaruhi. Oleh karena itu gangguan atau kerusakan pada salah satu komponen dapat menyebabkan kerusakan seluruh ekosistem.

Manusia merupakan komponen ekosistem yang dapat berpotensi sebagai penyelamat dan perusak ekosistem. Tentu kamu dapat memberi contoh berbagai aktivitas manusi yang dapat menimbulkan berbagai permasalahan ekosistem dan lingkungan hidup.

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan keanekaragaman hayati. Namun kekayaan keanekaragaman hayati ini terancam rusak dan punah akibat aktivitas alamiah maupun karena campur tangan manusia.

Perubahan lingkungan yang mengancam kelestarian keanekaragaman hayati akibat campur tangan manusia misalnya penebangan hutan, penangkapan ikan di laut dengan cara-cara terlarang, penambangan liar, dan pendirian berbagai industri berat.

Oleh karena itu diperlukan berbagai upaya untuk melestarikan sumber daya alam hayati di Indonesia. Ekosistem merupakan kesatuan struktural dan fungsional antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Komponen Ekosistem

Ekosistem dibentuk oleh kumpulan berbagai macam makhluk hidup beserta benda-benda tak hidup.

Komponen Biotik

Semua makhluk hidup yang menyusun suatu ekosistem disebut komponen biotik.
Jadi komponen biotik adalah seluruh makhluk hidup yang membentuk suatu ekosistem.
Contohnya adalah hewan dan tumbuhan.

Komponen Abiotik

Sedangkan komponen abiotik adalah benda-benda tak hidup dalam suatu ekosistem. 
Contohnya adalah tanah, udara, air, dan cahaya matahari.
Di dalam ekosistem, komponen abiotik dan komponen biotik saling memengaruhi.

Baca juga: Macam-macam Sistem Organ
Fast Download
Kuota dan Pulsa Gratis Klik Disini!!!


Demikianlah Artikel Pengertian Ekosistem, Ekologi dan Komponen Penyusun Ekosistem Beserta Contohnya

Sekian artikel Pengertian Ekosistem, Ekologi dan Komponen Penyusun Ekosistem Beserta Contohnya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya terima kasih -Admin Blogger Ageceh.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Ekosistem, Ekologi dan Komponen Penyusun Ekosistem Beserta Contohnya dengan alamat link https://bloggerageceh.blogspot.com/2017/02/pengertian-ekosistem-ekologi-dan.html

Komentar