Pengertian dan Macam-macam Contoh Komponen Biotik Serta Pengertian Habitat dan Nisia

Pengertian dan Macam-macam Contoh Komponen Biotik Serta Pengertian Habitat dan Nisia - Hallo sobat Blogger Ageceh, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian dan Macam-macam Contoh Komponen Biotik Serta Pengertian Habitat dan Nisia, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Biologi, Artikel IPA, yang kami tulis ini dapat anda pahami. selamat membaca.

Judul: Pengertian dan Macam-macam Contoh Komponen Biotik Serta Pengertian Habitat dan Nisia
Link: Pengertian dan Macam-macam Contoh Komponen Biotik Serta Pengertian Habitat dan Nisia

Baca juga:


Pengertian dan Macam-macam Contoh Komponen Biotik Serta Pengertian Habitat dan Nisia

Fast Download
Pada pembahasan kali ini kita akan mengulas materi tentang biotik, komponen biotik, contoh komponen biotik, macam macam komponen biotik, dekomposer, pengertian autotrof, pengertian heterotrof, pengertian dekomposer, pengertian habitat, pengertian nisia, dan contoh dekomposer.


Komponen Biotik dalam Ekosistem

Ekosistem merupakan kesatuan struktural dan fungsional antara makhluk hidup denganlingkungannya. Ekosistem dibentuk oleh kumpulan berbagai macam makhluk hidup beserta benda-benda tak hidup. Semua makhluk hidup yang menyusun suatu ekosistem disebut komponen biotik. Sedangkan benda-benda tak hidup dalam suatu ekosistem disebut komponen abiotik. Di dalam ekosistem, komponen abiotik dan komponen biotik saling memengaruhi.

Pengertian Komponen Biotik

Komponen biotik suatu ekosistem meliputi berbagai jenis makhluk hidup. 

Macam-macam Komponen Biotik

Berdasarkan fungsi atau tingkatan trofiknya, komponen biotik dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu produsen, konsumen, dan dekomposer (pengurai).

  • Produsen
Produsen adalah makhluk hidup yang dapat menghasilkan makanan sendiri, yaitu tumbuhan. Tumbuhan dapat membuat makanan sendiri melalui proses fotosintesis. Energi yang digunakan dalam fotosintesis diperoleh dari energi matahari, sehingga matahari merupakan sumber energi utama bagi kehidupan di bumi.

Bakteri yang hidup di lautan dalam dapat mengambil energi dari bahan-bahan kimia yang ada di sekitarnya untuk melakukan kemosintesis.

Proses fotosintesis dan kemosintesis menghasilkan gula sederhana. Gula sederhana ini digunakan untuk menyusun komponen-komponen sel, menghasilkan energi, dan sebagian digunakan sebagai cadangan makanan.

Bila produsen dimakan oleh makhluk hidup lain, maka terjadi perpindahan makanan dari produsen ke hewan tersebut.

Jadi hanya produsen yang dapat membuat makanan sendiri dan dikatakan bersifat autotrof.

  • Konsumen
Konsumen memperoleh energi dari bahan makanan yang dibuat oleh produsen. Karena tidak dapat membuat makanan sendiri dan selalu bergantung pada makhluk hidup lain, maka konsumen bersifat heterotrof.

Berdasarkan jenis makanannya, konsumen dapat dibagi menjadi empat jenis:

Macam-macam Konsumen

Organisme yang memakan produsen (hewan herbivora) disebut konsumen pertama. Organisme yang memakan hewan herbivora (hewan karnivora) disebut konsumen kedua. Organisme yang memakan konsumen kedua disebut konsumen ketiga, dan seterusnya.

  • Dekomposer
Pengurai atau dekomposer adalah organisme yang berperan sebagai pengurai zat-zat yang terdapat dalam makhluk hidup yang sudah mati. Jadi dekomposer menguraikan zat organik menjadi bahan anorganik kembali yang dapat dimanfaatkan kembali oleh produsen.

Contoh dekomposer dalam ekosistem adalah bakteri dan jamur saprofit.

Dalam ekosistem, setiap jenis makhluk hidup memerlukan tempat atau lingkungan yang sesuai untuk kehidupannya.

Pengertian Habitat dan Nisia

Habitat adalah tempat yang sesuai bagi makhluk hidup untuk melakukan aktivitas hidupnya. 
Habitat menyediakan makanan dan tempat berlindung bagi makhluk hidup. Setiap jenis makhluk hidup mempunyai peranan atau pekerjaan tertentu dalam ekosistem.
Sedangkan nisia adalah peranan makhluk hidup pada suatu ekosistem. 
Nisia berkaitan dengan jenis makanan, cara mencari makan, dan waktu mencari makan. Misalnya di suatu hutan terdapat kelelawar yang hidup dengan memakan buah-buahan di malam hari dan burung hantu yang memakan tikus atau hewan kecil lainnya di waktu yang sama.

Dengan demikian nisia kelelawar dan burung hantu berbeda meskipun mereka tinggal di habitat yang sama dan mencari makan ada waktu yang sama pula.

Baca juga: Pengertian Ekosistem
Fast Download
Kuota dan Pulsa Gratis Klik Disini!!!


Demikianlah Artikel Pengertian dan Macam-macam Contoh Komponen Biotik Serta Pengertian Habitat dan Nisia

Sekian artikel Pengertian dan Macam-macam Contoh Komponen Biotik Serta Pengertian Habitat dan Nisia kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya terima kasih -Admin Blogger Ageceh.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian dan Macam-macam Contoh Komponen Biotik Serta Pengertian Habitat dan Nisia dengan alamat link https://bloggerageceh.blogspot.com/2017/02/pengertian-dan-macam-macam-contoh_23.html

Komentar