Pengertian dan Macam-macam Contoh Komponen Abiotik

Pengertian dan Macam-macam Contoh Komponen Abiotik - Hallo sobat Blogger Ageceh, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian dan Macam-macam Contoh Komponen Abiotik, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Biologi, Artikel IPA, yang kami tulis ini dapat anda pahami. selamat membaca.

Judul: Pengertian dan Macam-macam Contoh Komponen Abiotik
Link: Pengertian dan Macam-macam Contoh Komponen Abiotik

Baca juga:


Pengertian dan Macam-macam Contoh Komponen Abiotik

Fast Download
Dalam artikel kali ini kita akan membahas materi menegenai pengertian komponen abiotik, jenis-jenis komponen abiotik, macam-macam komponen abiotik, contoh komponen abiotik, faktor abiotik, yang terdiri dari komponen air, komponen tanah, udara, suhu, dan cahaya matahari.


Komponen Abiotik

Komponen abiotik menyediakan tempat hidup, makanan, dan kondisi yang diperlukan oleh komponen biotik, sehingga kom-posisi komponen abiotik sangat memengaruhi jenis komponen biotik yang dapat hidup.

Pengertian Komponen Abiotik

Komponen abiotik adalah seluruh komponen benda atau zat tak hidup dalam suatu ekosistem.

Macam-macam Komponen Abiotik

Komponen abiotik yang memengaruhi komponen biotik dalam suatu ekosistem antara lain air, tanah, suhu, cahaya matahari, udara, kelembapan, dan keasaman (pH).

a. Air

Air sangat penting bagi makhluk hidup. Air berfungsi sebagai pelarut zat-zat dalam tubuh, sistem pengangkut, dan tempat berlangsungnya reaksi-reaksi biokimia di dalam tubuh.

Keberadaan air pada suatu ekosistem sangat memengaruhi jenis makhluk hidup yang dapat hidup.

Contohnya adalah daerah gurun yang kandungan airnya sedikit mempunyai jenis hewan dan tumbuhan yang sangat berbeda dengan daerah hutan hujan tropis. Hewan dan tumbuhan juga beradaptasi untuk menyesuaikan dengan keadaan air di lingkungannya.

Contohnya kaktus yang hidup di gurun pasir daunnya mengalami modifikasi menjadi duri untuk mengurangi penguapan.

b. Tanah

Tanah merupakan salah satu komponen abiotik yang sangat penting bagi kehidupan. Keadaan tanah menentukan jenis tumbuhan yang dapat hidup dan jenis-jenis tumbuhan akan menentukan jenis-jenis hewan yang dapat hidup.

c. Suhu

Makhluk hidup membutuhkan suhu yang sesuai agar dapat bertahan hidup. Suhu memengaruhi reaksi biokimiawi di dalam tubuh. Suhu yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat menyebabkan gangguan pada reaksi-reaksi biokimiawi di dalam tubuh, sehingga aktivitasnya terganggu. Oleh karena itu setiap makhluk hidup memerlukan suhu optimum untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

c. Cahaya Matahari

Cahaya matahari diperlukan untuk proses fotosintesis tumbuhan hijau. Selain itu cahaya matahari juga memengaruhi suhu bumi menjadi sesuai untuk kehidupan berbagai makhluk hidup. Oleh karena itu kamu akan menjumpai bentuk kehidupan yang berbeda pada daerah yang banyak mendapat cahaya matahari (daerah tropis) dibandingkan daerah yang sedikit mendapat cahaya matahari (daerah kutub).

Coba, sebutkan hewan dan tumbuhan yang hidup di kedua daerah tersebut.

d. Udara

Tahukah kamu, mengapa udara diperlukan oleh komponen biotik? Udara merupakan campuran berbagai macam gas, misalnya nitrogen, oksigen, karbon dioksida, dan karbon monoksida. Oksigen diperlukan oleh makhluk hidup untuk respirasi. Sedangkan karbon dioksida diperlukan tumbuhan hijau dalam proses fotosintesis.

Baca juga: Macam-macam Komponen Biotik
Fast Download
Kuota dan Pulsa Gratis Klik Disini!!!


Demikianlah Artikel Pengertian dan Macam-macam Contoh Komponen Abiotik

Sekian artikel Pengertian dan Macam-macam Contoh Komponen Abiotik kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya terima kasih -Admin Blogger Ageceh.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian dan Macam-macam Contoh Komponen Abiotik dengan alamat link https://bloggerageceh.blogspot.com/2017/02/pengertian-dan-macam-macam-contoh.html

Komentar