Macam-macam Jenis Jaringan Pada Tumbuhan Beserta Fungsi dan Fotonya

Macam-macam Jenis Jaringan Pada Tumbuhan Beserta Fungsi dan Fotonya - Hallo sobat Blogger Ageceh, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Macam-macam Jenis Jaringan Pada Tumbuhan Beserta Fungsi dan Fotonya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Biologi, Artikel IPA, yang kami tulis ini dapat anda pahami. selamat membaca.

Judul: Macam-macam Jenis Jaringan Pada Tumbuhan Beserta Fungsi dan Fotonya
Link: Macam-macam Jenis Jaringan Pada Tumbuhan Beserta Fungsi dan Fotonya

Baca juga:


Macam-macam Jenis Jaringan Pada Tumbuhan Beserta Fungsi dan Fotonya

Fast Download
Pada pembahasan kali ini kita akan menguraikan materi tentang macam-macam jaringan pada tumbuhan, jenis-jenis jaringan pada tumbuhan, fungsi jaringan pada tumbuhan, jaringan meristem, xilem, fungsi palisade, xilem floem, fungsi xilem dan floem, fungsi meristem, jaringan parenkim, jaringan epidermis, jaringan penguat, jaringan sklerenkim, ciri-ciri jaringan pada tumbuhan.


Macam-macam Jenis Jaringan Pada Tumbuhan

Jaringan pada tumbuhan dapat dibedakan menjadi jaringan meristem dan jaringan permanen. Jaringan meristem adalah jaringan yang sel-selnya aktif mengalami pembelahan, contoh pada ujung akar dan ujung batang. Sedang sel-sel jaringan permanen sudah tidak mengalami pembelahan.

Jaringan permanen dapat dibedakan menjadi tiga jaringan pokok, yaitu jaringan epidermis, jaringan dasar atau parenkim, dan jaringan pengangkut. Pada beberapa bagian tumbuhan juga terdapat jaringan penguat yang berkembang dari jaringan parenkim.

Jaringan Epidermis

Jaringan pelindung tersusun dari sel-sel epidermis yang rapat dan terdapat di permukaan luar organ tumbuhan. Fungsinya sebagai pelindung jaringan yang ada di bawahnya. Jaringan epidermis dapat mengalami modifikasi membentuk struktur khusus, misalnya stomata pada daun, bulu akar pada akar, dan membentuk rambut-rambut kelenjar (trikoma) pada daun.

Jaringan Parenkim

Jaringan parenkim terdapat pada seluruh organ tumbuhan. Jaringan ini mengisi daerah di antara jaringan-jaringan lain, sehingga juga disebut jaringan dasar. Jaringan ini juga berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan.

Pada daun jaringan parenkim berfungsi untuk fotosintesis, terutama pada jaringan parenkim palisade (jaringan pagar) dan parenkim spons karena banyak mengandung klorofil.

Jaringan Pengangkut

Jaringan pengangkut terdiri dari jaringan xilem dan floem. Xilem atau pembuluh kayu berfungsi mengangkut air dari akar ke daun. Sedangkan floem atau pembuluh tapis berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh.

Penampang Melintang Batang Tumbuhan Monokotil

Jaringan Penguat

Jaringan penguat berfungsi untuk memperkuat atau memperkokoh struktur tumbuhan, misalnya pada biji salak, tempurung kelapa, tangkai daun, tangkai buah, dan sebagainya.

Dinding selnya mengalami penebalan di sudutsudut atau seluruhnya. Jaringan penguat ada yang berbentuk serabut, bintang, bulat, dan lain-lain. Contoh jaringan penguat adalah sklerenkim dan kolenkim.
Bentuk Susunan dan Jaringan pada Tumbuhan

Lihat juga: Jaringan Pada Hewan dan Manusia

Fast Download
Kuota dan Pulsa Gratis Klik Disini!!!


Demikianlah Artikel Macam-macam Jenis Jaringan Pada Tumbuhan Beserta Fungsi dan Fotonya

Sekian artikel Macam-macam Jenis Jaringan Pada Tumbuhan Beserta Fungsi dan Fotonya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya terima kasih -Admin Blogger Ageceh.

Anda sekarang membaca artikel Macam-macam Jenis Jaringan Pada Tumbuhan Beserta Fungsi dan Fotonya dengan alamat link https://bloggerageceh.blogspot.com/2017/02/macam-macam-jenis-jaringan-pada.html

Komentar